PHP

Mengubah HTML ke PDF dengan Dompdf pada PHP Native Tanpa Composer

0

Dalam dunia web development, seringkali kita membutuhkan fitur untuk mengubah halaman web menjadi dokumen PDF agar dapat diunduh atau dibagikan dengan mudah. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan library Dompdf pada PHP. Dompdf adalah library yang populer untuk mengkonversi HTML menjadi PDF. Biasanya, untuk menggunakan library ini, kita dapat menginstalnya melalui Composer, tetapi pada artikel ini, kita akan menjelaskan cara menggunakan Dompdf pada PHP native tanpa menggunakan Composer.

Persiapan Environment

Sebelum kita mulai menggunakan Dompdf pada PHP native, pastikan Anda memiliki instalasi PHP yang sesuai dan berfungsi dengan baik. Selanjutnya, kita perlu mempersiapkan environment dan mendownload library Dompdf.

Langkah 1: Persiapan Library Dompdf

Langkah pertama adalah mendownload library Dompdf dari repositori resmi Dompdf di GitHub. Buka browser Anda dan kunjungi tautan berikut: https://github.com/dompdf/dompdf

Di halaman GitHub Dompdf, klik tombol “Code” dan pilih “Download ZIP” untuk mengunduh library Dompdf dalam bentuk file ZIP.

Setelah selesai diunduh, ekstrak file ZIP tersebut ke dalam direktori proyek Anda. Pastikan Anda memiliki direktori yang berisi file seperti autoload.inc.php, dompdf_config.inc.php, dan lainnya.

Langkah 2: Membuat Halaman Web

Selanjutnya, Anda harus membuat halaman web yang akan diubah menjadi PDF. Misalkan kita memiliki halaman web sederhana sebagai contoh:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Contoh Halaman Web</title>
</head>
<body>
    <h1>Selamat datang di halaman web kami!</h1>
    <p>Ini adalah contoh halaman web yang ingin diubah menjadi PDF.</p>
</body>
</html>

Langkah 3: Menggunakan Dompdf untuk Mengkonversi HTML ke PDF

Setelah Anda memiliki halaman web yang ingin diubah menjadi PDF dan library Dompdf sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah menggunakan Dompdf untuk mengkonversi HTML menjadi PDF.

<?php
// Include autoload.inc.php untuk memuat library Dompdf
require_once 'dompdf/autoload.inc.php';

// Membuat objek Dompdf baru
use Dompdf\Dompdf;
$dompdf = new Dompdf();

// Mengambil HTML dari halaman web yang ingin diubah menjadi PDF
$html = file_get_contents('contoh_halaman.html');

// Memuat HTML ke Dompdf
$dompdf->loadHtml($html);

// (Optional) Atur ukuran dan orientasi halaman PDF
$dompdf->setPaper('A4', 'portrait');

// Render HTML ke PDF
$dompdf->render();

// Simpan atau tampilkan PDF
$dompdf->stream('contoh_halaman.pdf', ['Attachment' => false]);
?>

Penjelasan Kode

  • Pertama, kita memuat library Dompdf dengan menggunakan perintah require_once dan membuat objek baru dari kelas Dompdf.
  • Selanjutnya, kita membaca isi halaman web yang ingin diubah menjadi PDF menggunakan file_get_contents() dan memuatnya ke objek Dompdf menggunakan loadHtml().
  • Kemudian, kita dapat mengatur opsi PDF seperti ukuran dan orientasi halaman dengan menggunakan setPaper(). Dalam contoh ini, kita menggunakan ukuran kertas A4 dalam orientasi potret.
  • Selanjutnya, kita merender HTML menjadi PDF dengan menggunakan render().
  • Akhirnya, kita menyimpan atau menampilkan file PDF yang dihasilkan. Dalam contoh ini, kita menggunakan stream() untuk menampilkan PDF secara langsung di browser tanpa perlu menyimpannya ke server terlebih dahulu.
Baca Juga :
Membaca File TXT Perbaris dengan PHP

Kesimpulan

Dengan menggunakan library Dompdf pada PHP native, Anda dapat dengan mudah mengubah halaman web menjadi file PDF tanpa perlu menggunakan Composer. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah untuk menggunakan Dompdf tanpa Composer dan memberikan contoh kode yang mudah diikuti. Dengan demikian, Anda dapat dengan cepat mengimplementasikan fitur konversi HTML ke PDF pada proyek PHP Anda.

rajakode

Mengubah HTML ke PDF dengan PHP (composer)

Previous article

Membuat Captcha dengan PHP GD

Next article

You may also like

More in PHP