CSSHTML

Membuat Preloader Website Dengan CSS

0

Preloader website adalah elemen visual yang muncul saat halaman web sedang memuat konten. Biasanya berupa animasi atau gambar yang menunjukkan bahwa halaman sedang dalam proses pemuatan. Preloader membantu memberikan umpan balik kepada pengguna bahwa website masih aktif dan sedang memuat konten, sehingga mengurangi kebingungan atau frustrasi yang mungkin dirasakan pengguna saat menunggu.

Langkah pertama dalam membuat preloader website dengan HTML adalah menambahkan elemen preloader ke dalam struktur HTML. Berikut adalah contoh kode HTML dasar untuk membuat preloader:

  1. Menambahkan file css
    <style>
        /* CSS untuk preloader */
        .preloader {
          position: fixed;
          top: 0;
          left: 0;
          width: 100%;
          height: 100%;
          background-color: #f2f2f2;
          display: flex;
          align-items: center;
          justify-content: center;
          z-index: 9999;
        }
        
        .preloader .spinner {
          width: 40px;
          height: 40px;
          border: 4px solid #333;
          border-top: 4px solid #f44336;
          border-radius: 50%;
          animation: spin 1s linear infinite;
        }
        
        @keyframes spin {
          0% { transform: rotate(0deg); }
          100% { transform: rotate(360deg); }
        }
      </style>

    2. Menambahkan file html

    <div class="preloader">
       <div class="spinner"></div>
    </div>

    Dalam contoh di atas, kita menggunakan CSS untuk mengatur tampilan preloader. Elemen .preloader memiliki posisi tetap (fixed) dan mengisi seluruh area layar dengan latar belakang berwarna abu-abu (#f2f2f2). Elemen .spinner adalah elemen yang akan berputar sebagai animasi preloader. Animasi putaran diterapkan menggunakan CSS @keyframes dan properti animation.

    Setelah menambahkan kode HTML di atas ke halaman web Anda, preloader akan muncul saat halaman dimuat. Anda dapat memodifikasi tampilan preloader sesuai dengan preferensi desain Anda dengan mengubah properti CSS, seperti warna, ukuran, atau gaya animasi.\

Membuat preloader website dengan HTML adalah cara efektif untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna saat halaman web sedang memuat konten. Preloader memberikan umpan balik visual kepada pengguna bahwa halaman masih aktif dan sedang memuat, sehingga mengurangi rasa frustrasi atau kebingungan yang mungkin dirasakan.

Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi langkah-langkah dasar dalam membuat preloader dengan HTML dan menyesuaikannya dengan CSS. Anda dapat mengubah tampilan preloader sesuai dengan preferensi desain Anda dengan memodifikasi properti CSS seperti warna, ukuran, atau gaya animasi.

Dengan menggunakan preloader website, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat mereka lebih terlibat dengan konten Anda. Ingatlah bahwa kecepatan dan kinerja website sangat penting, dan preloader adalah salah satu alat yang efektif untuk memberikan pengalaman yang mulus dan menyenangkan bagi pengguna Anda.

Baca Juga :
Menggunakan Tailwind dengan CDN
rajakode

Validasi Nama, Email, Website, dan Nomor Telepon Dengan PHP

Next article

You may also like

More in CSS