Python

Membuat Plagiarism Checker dengan Google API pada Python

0

Plagiarism checker adalah sebuah alat atau perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi keaslian suatu konten atau tulisan. Dengan adanya plagiarism checker, penulis atau pembuat konten dapat memastikan bahwa konten yang mereka buat adalah orisinal dan tidak mengandung plagiat dari sumber lain. Keaslian konten sangat penting dalam dunia digital, terutama dalam industri penulisan, penerbitan, dan akademik.

Ketika seseorang menggunakan ide, kata-kata, atau karya orang lain tanpa memberikan atribusi atau izin yang tepat, hal ini dianggap sebagai plagiat. Plagiat dapat merugikan penulis asli, merusak kredibilitas penulis yang melakukan plagiat, dan berpotensi menimbulkan masalah hukum. Oleh karena itu, penting bagi penulis dan pembuat konten untuk menggunakan plagiarism checker sebagai alat untuk memastikan keaslian karya mereka.

Google API sebagai Solusi untuk Plagiarism Checker

Untuk membuat plagiarism checker, kita dapat memanfaatkan Google API, khususnya Google Custom Search JSON API. API ini memungkinkan kita untuk melakukan pencarian di Google dengan menggunakan query tertentu dan mendapatkan hasil pencarian dalam format JSON. Dengan demikian, kita dapat menggunakan API ini untuk mencari tahu apakah suatu konten sudah pernah dipublikasikan sebelumnya di internet atau belum.

Kode Python untuk Plagiarism Checker

Berikut adalah contoh kode Python untuk membuat plagiarism checker dengan Google API:

import requests

def send_api_request(api_key, query):
    url = 'https://www.googleapis.com/customsearch/v1'
    params = {
        'key': api_key,
        'q': query,
        'cx': 'YOUR_CUSTOM_SEARCH_ENGINE_ID',
    }

    response = requests.get(url, params=params)
    return response.json()

def check_plagiarism(user_text):
    api_key = 'YOUR_GOOGLE_API_KEY'
    query = user_text.replace(' ', '+')
    response = send_api_request(api_key, query)
    data = response.get('items', [])

    return data

# Meminta input dari pengguna
user_text = input('Masukkan teks yang ingin dicek: ')

# Memeriksa plagiarisme
result = check_plagiarism(user_text)

# Menampilkan hasil
if result:
    print('Konten yang mirip ditemukan:')
    for item in result:
        url = item['link']
        title = item['title']
        print(f'{title}: {url}')
else:
    print('Tidak ditemukan konten yang mirip.')

Penjelasan Kode Python di atas:

  1. Import Library Pertama, kita mengimpor library requests. Library ini akan membantu kita dalam mengirimkan permintaan HTTP ke API Google.
  2. Fungsi send_api_request(api_key, query) Fungsi ini digunakan untuk mengirim permintaan API ke Google Custom Search JSON API. Kita perlu memberikan API key dan query yang ingin dicari sebagai parameter fungsi. Hasil permintaan akan diterima dalam format JSON.
  3. Fungsi check_plagiarism(user_text) Fungsi ini digunakan untuk memeriksa plagiarisme dari teks yang dimasukkan oleh pengguna. Pertama, kita mengganti spasi dalam teks dengan tanda tambah (+) untuk memastikan bahwa query yang dikirimkan ke API adalah query yang valid. Selanjutnya, kita memanggil fungsi send_api_request untuk mengirim permintaan API dan menerima hasil pencarian dalam bentuk JSON.
  4. Meminta Input dari Pengguna Kita meminta input dari pengguna berupa teks yang ingin dicek plagiarismenya.
  5. Memeriksa Plagiarisme Kita memanggil fungsi check_plagiarism dengan teks yang dimasukkan oleh pengguna sebagai parameter. Hasilnya akan disimpan dalam variabel result.
  6. Menampilkan Hasil Jika hasil pencarian ditemukan, kita akan menampilkan daftar konten yang mirip dengan teks yang dimasukkan. Jika tidak ditemukan konten yang mirip, kita akan menampilkan pesan “Tidak ditemukan konten yang mirip.”
Baca Juga :
Membuat IP Lookup dari ip-api.com dengan Python
rajakode

Membuat Plagiarism Checker dengan Google API pada PHP

Previous article

Membuat dan Macam-Macam Pretty URL dengan .htaccess

Next article

You may also like