PHP

Blokir List Wildcard IP Address dengan PHP

0

Dalam era digital saat ini, keamanan website menjadi sangat penting. Salah satu metode yang umum digunakan untuk melindungi website adalah dengan memblokir akses dari IP address yang tidak diinginkan. Namun, terkadang kita perlu melakukan blokir IP address dengan pola yang lebih fleksibel menggunakan wildcard. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melakukan blokir list wildcard IP address dengan menggunakan PHP. Kita akan menjelaskan setiap kode yang digunakan dalam proses ini, mulai dari pemahaman tentang wildcard IP address hingga implementasi dalam kode PHP.

1. Memahami Wildcard IP Address

Sebelum memulai, kita perlu memahami konsep wildcard IP address. Dalam blokir IP address, wildcard digunakan untuk mencocokkan beberapa digit angka pada IP address. Misalnya, jika kita ingin memblokir semua IP address yang dimulai dengan “192.168”, kita dapat menggunakan wildcard seperti “192.168..“. Dalam contoh ini, “*” mengindikasikan bahwa digit angka pada posisi tersebut bisa berapapun.

2. Menyiapkan Blokir List

Pertama-tama, kita perlu menyiapkan blokir list yang berisi wildcard IP address yang akan diblokir. Blokir list dapat disimpan dalam berbagai bentuk, misalnya dalam file teks atau dalam database. Dalam artikel ini, kita akan menggunakan array PHP untuk menyimpan blokir list sebagai contoh sederhana.

Berikut adalah contoh blokir list dalam bentuk array:

$blokirList = [
  "192.168.*.*",
  "10.0.*.*",
  "172.16.*.*"
];

Pada contoh di atas, kita memiliki tiga wildcard IP address yang akan diblokir. Anda dapat menambahkan lebih banyak wildcard IP address sesuai kebutuhan.

3. Mengambil IP Address Pengunjung

Selanjutnya, kita perlu mengambil IP address pengunjung untuk membandingkannya dengan blokir list. Dalam PHP, kita dapat menggunakan variabel $_SERVER['REMOTE_ADDR'] untuk mengambil IP address pengunjung.

Baca Juga :
Mengubah HTML ke PDF dengan Dompdf pada PHP Native Tanpa Composer

Berikut adalah contoh kode untuk mengambil IP address pengunjung:

$ipPengunjung = $_SERVER['REMOTE_ADDR'];

Variabel $ipPengunjung akan berisi IP address pengunjung saat ini.

4. Mengecek Blokir List

Setelah mengambil IP address pengunjung, kita perlu melakukan pengecekan terhadap blokir list untuk melihat apakah IP address tersebut perlu diblokir.

Berikut adalah contoh kode untuk mengecek blokir list:

$terblokir = false;

foreach ($blokirList as $wildcard) {
  if (fnmatch($wildcard, $ipPengunjung)) {
    $terblokir = true;
    break;
  }
}

Dalam contoh di atas, kita menggunakan perulangan foreach untuk memeriksa setiap wildcard IP address dalam blokir list. Pada setiap iterasi, kita menggunakan fungsi fnmatch() untuk membandingkan IP address pengunjung dengan wildcard IP address. Jika ada kecocokan, variabel $terblokir akan diubah menjadi true dan perulangan akan dihentikan dengan menggunakan break.

5. Menampilkan Pesan Blokir

Terakhir, kita perlu menampilkan pesan blokir kepada pengunjung jika IP address mereka terdaftar dalam blokir list.

Berikut adalah contoh kode untuk menampilkan pesan blokir:

if ($terblokir) {
  echo "Maaf, akses Anda diblokir.";
  exit;
}

Dalam contoh di atas, jika variabel $terblokir bernilai true, maka pesan “Maaf, akses Anda diblokir” akan ditampilkan dan script akan dihentikan dengan menggunakan exit.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara melakukan blokir list wildcard IP address dengan menggunakan PHP. Dengan menggunakan konsep wildcard, kita dapat memblokir akses dari alamat IP yang tidak diinginkan dengan lebih fleksibel. Melalui penjelasan setiap kode yang digunakan, kita telah memahami langkah-langkah dalam melakukan blokir list wildcard IP address.

Pastikan untuk mengimplementasikan langkah-langkah ini pada website Anda untuk meningkatkan keamanannya. Dengan pemahaman dan implementasi yang tepat, Anda dapat melindungi website Anda dari akses yang tidak diinginkan dan menjaga keamanannya.

Baca Juga :
Kelebihan dan Kekurangan PHP, Kenali Mana yang Cocok untuk Kamu!
rajakode

Membuat Progress Bar Dengan JavaScript

Previous article

Blokir List Wildcard IP Address dengan Python

Next article

You may also like

More in PHP